Tanggul Jebol, Petani Bawang Merah Terancam Gagal Panen

PATI, zonasatu.net– Petani bawang merah di Desa Ngurensiti Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati Jawa Tengah kembali terancam gagal panen. Hal itu menyusul lantaran curah hujan yang tinggi berdampak pada banjir yang menggenangi puluhan hektare tanaman bawang merah.

Kepala Desa Ngurensiti Indra Prasta mengatakan, Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan permukaan air hampir mencapai di atas tanggul. Jika hujan terus mengguyur, maka puluhan hektar tanaman pertanian akan terendam.”Kalau permukaan air naik di atas tanggul, 50 hektar lahan pertanian yang terdampak, sekarang ini kondisi air mengkhawatirkan, makanya sampai dipasang tanggul darurat menggunakan seng agar air tidak naik,” ungkap Indra saat dikonfirmasi, Selasa (28/2/2023).

Baca Juga :   Hakim Tolak Praperadilan SP3 Kasus GMIH

Kondisi saat ini, Kata Indra, Ada puluhan tanaman bawang merah yang terendam banjir jika hujan dan surut ketika reda. Akan tetapi, jika air di atas tanggul maka mayoritas tanaman bawang merah di Ngurensiti akan terendam banjir.”Masyarakat berupaya untuk membuat tanggul darurat sementara, tapi nanti ke depan, rencananya saya akan membuat bangunan tanggul permanen,” jelasnya.

Baca Juga :   Banjir Bandang Mengakibatkan Puluhan Desa Terendam Banjir

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.