Kenapa Raden Setanggal dan Raden Prawiro Negoro Berada Di Pohgading Pati

PATI, ZonaSatu– Raden Setanggal dan Raden Prawiro Negoro merupakan keturunan dari peradaban Pengging dan Mataram Islam. Kerajaan tersebut dulunya merupakan salah satu kerajaan besar di nusantara.

Raden Setanggal dan Raden Prawiro Negoro merupakan keturunan dari Ki Dalang Becak yang berkuasa di wilayah pesisir utara Tuban yang juga memiliki saudara di tanah Pati mulai dari Ki Dukut, Nyi Ageng/Nyi Donowoti dan Kek Truno yang berada di Juwana.

Baca Juga :   Desa Pohgading Hasilkan Jeruk Kualitas Eksport

Ki dalang Becak memiliki 3 putra yakni, Adipati Tuban atau Adipati Ronggolawe dan Raden Setanggal serta Raden Prawiro Negoro.

Ketiga putra Ki Dalang Becak ini ternyata berada di daerah berbeda. Sedangkan Adipati Tuban atau Adipati Ronggolawe berada di Tuban, sedangkan Raden Setanggal dan Raden Prawiro Negoro berada di Kabupaten Pati tepatnya di Lereng Muria desa Pohgading Kecamatan Gembong.

Baca Juga :   2 Terdakwa Perkara Perindo di Bumimulyo Dipenjara 1 Tahun Kurungan

Raden Setanggal dan Raden Prawiro Negoro dari Tuban dulunya hidjrah ke Kadipaten Pati untuk mencari saudara ayahnya yang berada di tlatah tanah Pati, dan pada akhirnya ketemu marwah atau keluarga yang berada di pesisir utara Pati, yang sekarang menjadi kecamatan Juwana.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.