Peternak Sapi Resah PMK Merajalela, Dispertan Tidak Berikan Solusi

PATI, ZonaSatu- Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak sapi membuat resah para peternak di wilayah Kabupaten Pati Jawa Tengah. Pasalnya, Hampir semua sapi yang ada di desa rata-rata sudah terserang PMK, namun sejauh ini belum ada upaya pencegahan dari Dinas terkait.

“Untuk data jumlah valid sapi yang terserang PMK tidak terhitung, tapi kalau presentasi jumlah sapi hampir 60 persen sudah kena PMK, sisanya tinggal menunggu waktu, karena tidak bisa dihindari, seperti covid,”Ungkap Ketua Paguyuban Peternak Sapi Kabupaten Pati Agus Minggu (26/6/2022).

Baca Juga :   Partai Gerindra Fokus Menangkan Prabowo Sebagai Presiden, Belum Berpikir Pilkada 2024

Menurutnya, Untuk upaya pencegahan termasuk obat untuk mengantisipasi penyakit itu sejauh ini tidak ada, dan petugas kesehatan binatang juga tidak mau menangani dengan alasan kariernya akan jatuh.

“Sejauh ini sudah banyak sapi yang mati, atau dipaksakan untuk dipotong, dan ini sudah menjadi momok bagi para peternak, mereka yang masih punya sapi berharap segera bisa menjual, karena dikawatirkan ketika sapinya terserang PMK, maka tidak laku, atau bahkan mati,”Keluhnya.

Baca Juga :   Pengabdian Salah Satu Calon Ini Ditolak, Kades Kleim Itu Kesalahan Calon

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.