Cegah Banjir Di Pati, Butuh Rp 1 Triliun Lebih Untuk Normalisasi Sungai

PATI, zonasatu.net– Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Ali Badrudin mengaku perlu adanya normalisasi sungai secara menyeluruh terhadap sungai-sungai yang ada di wilayah Kabupaten Pati.

Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir yang selalu terjadi setiap tahun.
“Banjir yang terjadi di Kabupaten Pati setiap tahun itu perlu adanya normalisasi sungai, dan itu harus ada campur tangan dari Pemerintah Pusat,”Ungkap Ali Rabu (25/1/2023).

Baca Juga :   Astaga, PAD Tahun 2023 Mengalami Penurunan 2,7 Persen

Normalisasi yang diharapkan, Kata Ali, Tidak hanya sedikit-sedikit ataupun sepihak, karena itu nanti akan berakibat banjir lagi, apalagi untuk sungai juana saat ini mengalami pendangkalan, padahal sungai itu menjadi tumpuan sungai-sungai yang ada di 4 Kabupaten, seperti Kabupaten Kudus, Demak, Grobogan dan Pati.

“Perlu normalisasi total, dan tidak bisa normalisasi sepihak, atau sedikit-sedikit, karena kalau sedikit-sedikit akan mengakibatkan banjir, dan normalisasi total ini harus dibuat 1 desain, oleh Pempus dan Pemda, yaitu dengan membuat sungai sudetan,”Katanya.

Baca Juga :   Polda Malut Dalami Laporan Pencemaran Nama Baik Pengacara Oleh Bupati Halut

Diakui Ali, Tahun 2010 dari BBWS sudah mewacanakan untuk melakukan normalisasi total, namun itu hanya wacana, bahkan pada tahun 2012 juga sudah dilakukan pemaparan untuk anggaran yang dibutuhkan saat itu sekitar Rp 1,1 triliun, hanya saja belum direalisasi sampai sekarang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.