Harga Ikan Nila Salin Anjlok, Petani Menjerit

PATI, zonasatu.net- Para petani tambak ikan nila salin diwilayah Kecamatan Tayu Kabupaten Pati saat ini harus kembali gigit jari.

Hal itu menyusul dengan anjloknya harga ikan nila salin dari tengkulak yang tidak sesuai.
Harga ikan tersebut turun. Gara-gara di drop pasokan ikan nila dari wilayah Jawa Timur (Jatim), sehingga berdampak terhadap pasaran ikan nila salin di Pati.

Baca Juga :   Silaturahmi Dengan Pj Bupati, FKDI Wadul Kewenangan Desa Dikembalikan

Abdul, salah satu petani tambak nila salin mengaku harus rela merugi dan menjual ikannya yang sudah dipelihara selama 5 bulan, padahal seharusnya untuk perawatan ikan nila salin itu hanya 3 bulan.

“Beberapa pekan ini kami menunggu pembeli yang berani menawar ikan dengan harga tinggi, tapi harganya tetap sama, Rp 18 ribu/kg, ya terpaksa kami jual,”Keluhnya.

Baca Juga :   Akhir Tahun Polres Halmahera Utara dan Polsek Jajaran Gelar Jumat Curhat

Menurutnya, Para tengkulak saat ini rata-rata membeli ikan dengan harga Rp 18 ribu/kg. Mereka berdalih susah menjual kembali karena di pasaran saat ini didrop ikan nila dari wilayah Jawa Timur, sehingga banyak ikan nila salin yang sementara ini masih ditampung.

“Biasanya kalau musim begini, kita bisa menjual ikan dengan harga diatas Rp 20 ribu, tapi nyatanya ikan sudah kita pelihara sampai 5 bulan, tapi harganya tetap anjlok, kalau tidak segera kita jual kita akan keberatan memberi makanan, karena harga pakan ikan juga mahal,”Ujarnya.

Baca Juga :   Bupati Kepsul Ancam Semes Pimpinan SKPD Dengan SK Biar Jadi Gembel

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.