Ketua PWI : Pers Harus Mengedepankan Publisher Rights

Kendari,- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Atal S Depari mengajak insan pers Indonesia agar selalu kompak dan solid dalam mengawal terealisasinya regulasi hak cipta jurnalistik (publisher rights).


Hal tersebut disampaikan Atal S Depari dalam acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang digelar di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (09/02/2022).
“Dalam rangka mewujudkan publisher right, sangat dibutuhkan solidaritas dan kekompakan antar media, media yang besar terhadap media yang kecil. Publisher rights harus melindungi semua media yang kecil dan besar,” ujar Atal S Depari.

Baca Juga :   Hampir Tiga Bulan Pergi Tinggalkan Istri dan Anak Tanpa Kabar, Jumadi Duwila Diadukan Ke Polres Kepsul


Selain itu, kata Atal S Depari, sejumlah pembenahan yang harus dilakukan, diantaranya pers harus mengendalikan arus jurnalisme clickbait yang semakin deras, khususnya pada jalur jurnalisme online. “Pers harus memperbaiki kualitas pemberitaan dan sedapat mungkin menghindari tren pemberitaan yang bisa provokatif, bombastis, dan hal yang tidak kalah penting adalah menjaga independensi media,” kata Atal S Depari.

Baca Juga :   2 Hari Hilang, Nelayan Tewas Mengambang di Pantai Cipalawah Garut


Lebih lanjut, Atal mengungkapkan pada HPN 2022, cukup banyak agenda yang dibahas. Semua itu terlaksana dalam 40 kegiatan yang menjadi rangkaian HPN 2022. “Bayangkan semangatnya orang pers dan masyarakat pers untuk berbicara. Tapi itu lah kita warnai HPN ini. Ini (Kendari) rumah diskusi yang luar biasa,” terang Atal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.