Tradisi Sedekah Bumi Di Cabak Merupakan Adat Turun Temurun

Kepala Desa Cabak Suroto
Kepala Desa Cabak Suroto

PATI, ZonaSatu– Adat sedekah bumi, merupakan tradisi warisan budaya dan adat peninggalan leluhur terdahulu yang wajib dilestarikan bagi seluruh komponen masyarakat yang ada di Kabupaten Pati.

Kegiatan ini selalu dilaksanakan setiap tahun di semua desa di Pati, karena merupakan warisan leluhur yang wajib dilestarikan dan diperingati sebagai bentuk syukur masyarakat desa kepada Tuhan YME, yang selama ini memberikan berkah dan hidayahnya, serta memberikan rejeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.

Baca Juga :   KPU Halteng Laksanakan Rapat PDPB

Seperti di Desa Cabak Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati, istilah sedekah bumi selalu kental diperingati oleh masyarakat setiap tahun, tepatnya pada hari Sabtu Kliwon bulan Apit/Kapit (Jawa, red), atau Dzulqa’dah (Arab, red).

Rasa syukur itu dilakukan dengan cara berdoa di makam leluhur desa Cabak, dengan diiringi pertunjukan hiburan seperti wayang kulit dan tayuban, sebagai bentuk rasa syukur masyarakat atas kekayaan alam yang berlimpah.

Baca Juga :   Kuota Siswa Sekolah SD dan SMP di Pati Masih Kekurangan

“Ini adalah bentuk rasa syukur kami kepada Tuhan YME, atas hasil bumi pertanian kami yang berlimpah,”Ungkap Kepala Desa Cabak Suroto Sabtu (18/6/2022).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.