Sodaqoh Alam, Ribuan Bibit Alpukat Ditanam Di Pegunungan Kendeng

PATI, ZonaSatu– Sebanyak 1946 bibit tanaman alpokat ditanam di lereng pegunungan kendeng, tepatnya di areal Ngetuk dan Grenjeng pada lahan Perhutani Desa Maitan Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati Jawa Tengah.

Aksi penanaman ribuan bibit alpokat yang bertepatan dengan hari Pahlawan 10 November 2022 dengan tema “Sodaqoh Alam”, ini dilakukan sebagai bentuk keprihatinan masyarakat yang mengalami gagal panen akibat hama tikus dan banjir yang disebabkan hutan di wilayah pegunungan kendeng gundul.

Baca Juga :   Batu Berserakan Usai Pemadatan Jalan, DPUTR Cuek

Kepala Desa Karangawen Sutiyono selaku penggagas kegiatan itu mengatakan, Para petani saat ini terkena wabah hama tikus dan gagal panen, sehingga kegiatan penanaman ribuan bibit alpukat ini dilakukan sebagai bentuk keprihatinan akibat dampak tersebut.

“Kegiatan baksos atau “Sodaqoh Alam” ini dilakukan karena kami prihatin dengan adanya hama tikus, dulu manusia menjarah hutan sampai habis, dan sebaliknya sekarang tikus menjarah tanaman orang tani sampai habis, sehingga tidak bisa panen sama sekali,”Katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.