Kades Usulkan Masa Jabatan 9 Tahun, PPDI : Jangan Bawa Nama Perangkat Desa

Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Pati, Siswo
Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Pati, Siswo

PATI, zonasatu.net– Jabatan perangkat Desa yang akan diusulkan 9 tahun dinilai tidak efektif. Hal itu menyusul lantaran untuk jabatan perangkat desa bukan jabatan politik, jadi tidak seharusnya jabatan perangkat desa disamakan dengan jabatan Kades yang rencana akan diusulkan 9 tahun.

“Kami sudah mendeklarasikan di kantor untuk menolak keras usulan APDESI point 4 itu, namun selain Pati kami tidak tahu, karena jabatan kami bukan jabatan politik,”Tegas Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Pati, Siswo kepada wartawan, Senin (16/1/2023).

Baca Juga :   77 Orang di Halmahera Utara Terkonfirmasi Kasus Aktif COVID-19

Menurutnya, Jabatan perangkat desa bukan jabatan politik, tidak seperti Kades. Ketentuan sekarang, perangkat desa dibatasi masa jabatannya sampai usia 60 tahun, dan itu sudah ideal.

“Kalau jabatan perangkat desa berganti tiap 9 tahun sekali, dikhawatirkan akan mengganggu pelayanan masyarakat, karena perangkat desa belum menguasai tugas-tugas pokok di desa.”Ucapnya.

Dikatakan, wacana untuk usulan perangkat desa 9 tahun itu dianggap melanggar Undang-undang nomor 6 tahun 2014, sehingga para perangkat desa juga akan berangkat ke Jakarta pada 25 Januari, untuk menolak rencana tersebut.

Baca Juga :   Bentrokan di desa Soakonora, Polres Halut Amankan Puluhan Warga

“Point yang akan kami sampaikan yakni terkait kesejahteraan perangkat desa, BPJS Ketenagakerjaan, Nomor Induk Perangkat Desa (NIPD). Selain itu juga menolak pemberhentian perangkat desa yang tidak prosedural,”Katanya.

Disinggung adanya nuansa politik yang dilakukan oleh para Kades ke Jakarta, Siswo mengaku bahwa hal itu tidak bisa dipungkiri. Pasalnya, sebentar lagi ada pesta demokrasi. Maka, mereka berfikir jika nanti usulannya akan disetujui.

Baca Juga :   Kerangka Jenazah Mantan Sekda Halmahera Utara Dipulangkan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.