Awas, Virus Baru LSD Mengancam Ternak Sapi Di Pati

PATI, zonasatu.net– Para peternak sapi akan kembali panik. Hal itu setelah virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) meredam, kali ini muncul virus baru bernama Lumpy Skin Disease (LSD) yang saat ini mulai menjangkit sejumlah ternak di wilayah Kabupaten Pati.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati Andi Hirawadi, menjelaskan, Sesuai data sudah ada sekitar 6 ekor lebih ternak sapi di Pati yang terjangkit LSD.

Baca Juga :   Warga Blora Senang, Mendapat Vaksinasi Dan Paket Sembako Dari Kabareskrim Polri

“Penyakit yang menyerang kulit sapi ini, sejak kali pertama ditemukan kasusnya di Kecamatan Ungaran Barat pada September 2022 lalu, dan kita sudah mengantisipasi untuk melakukan pencegahan,”Ungkapnya Rabu (24/1/2023).

Menurutnya, Untuk menekan angka penyebaran virus LSD, upaya yang dilakukan salah satunya dengan cara memberikan vaksin kepada hewan ternak agar kekebalan tubuh pada hewan semakin kuat.

Baca Juga :   KPU Luncurkan Aplikasi Mobile LindungiHakmu, Untuk Menjawab Status DPT

“Kita juga sudah menyurat ke setiap kantor Kecamatan dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) untuk segera mensosialisasikan terkait Virus LSD, agar bisa diinformasikan ke para peternak bagaimana cara pencegahannya, sehingga nantinya para peternak lebih waspada dan berhati-hati, apabila terjadi hal demikian, peternak segera melaporkan ke petugas masing-masing.”Katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.