Terkendala Biaya Pengobatan, Pasien TB Asal Halmahera Selatan Dibantu Tim Haji Robert Peduli

MALUT, zonasatu.net- Seorang perempuan berinisial FZ asal Desa Mafa, Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, pengidap Tuberculosis (TB) Paru dan Asma, dibantu Tim Haji Robert Peduli (HRP) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) setelah sempat menghentikan pengobatan akibat terkendala biaya.

Ia sebelumnya pernah dirawat selama 2 minggu di RSUD Labuha, namun pihak keluarga memutuskan untuk memulangkannya karena tidak memiliki biaya yang cukup untuk berobat bahkan kesulitan untuk memenuhi nutrisi makan dan minum pasien.

Baca Juga :   Polres Blora Terima 10 Laporan Kasus Perades

Keluarga pasien juga sempat dibebankan biaya resep inhaler, alat untuk meredakan Asma, senilai Rp. 720.000 hanya untuk 11 kali pakai.

Setelah mendapat informasi ini, tim HRP Kesmas Maluku Utara segera melakukan penanganan terhadap pasien terhitung sejak 5 Maret 2023. Pasien kemudian dievakuasi ke RSUD Chasan Boesoirie Ternate untuk segera mendapat penanganan.

Baca Juga :   Dinas P3A dan KB Halut Gelar Rakor dan Sinkronisasi Kebijakan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender

“Saya sangat tersentuh dengan kasus pasien ini karena keluarganya sempat terpaksa menghentikan perawatan di RSUD Labuha akibat tidak memiliki biaya untuk mendampingi pasien.”ujar Koordinator HRP Kesmas Maluku Utara, Munir Radjabessy. kamis (30/03/2023).

Tim HRP yang mengetahui, langsung mengambil langkah, setelah mendapatkan informasi pasien dari sosial media Facebook juga informasi dari salah satu Tim medis HRP Kesmas Maluku Utara, dan setelah disetujui oleh Bapak Haji Robert, Tim HRP langsung mengambil tindakan penanganan.

Baca Juga :   Pameran dan Beragam Lomba Meriahkan Bulan K3 Nasional di Gosowong

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.