Kapolresta Pati Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional, Sampaikan Amanat Kemenkominfo RI

PATI, zonasatu.net || Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama memimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional yang bertema “Bangkit untuk Indonesia Emas”

Kegiatan tersebut bertempat di Halaman Apel Mapolresta Pati pada Senin (20/05/2024) pagi.

Adapun rangkaian upacara diisi dengan pengibaran Bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, pembacaan Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, pembacaan teks UUD 1945, pembacaan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI dalam rangka peringatan ke-116 Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024 oleh Inspektur Upacara.

Baca Juga :   Galian C Menjadi Pemicu Kerusakan Jalan Dan Debu, Ratusan Warga Gelar Aksi

Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama dalam membacakan sambutan tersebut menyampaikan, lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, lahir organisasi Boedi Oetomo.

Pada masa itu, telah menumbuhkan bibit bagi cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

“Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang kita rayakan hari ini.”katanya.

Baca Juga :   Gugatan Perades Desa Tlogorejo di PTUN, Masih Pemeriksaan Berkas Tahap 2

Lanjut Kapolres menyampaikan, Boedi Oetomo menjadi awal mula tempat orang belajar dan berdebat tentang banyak hal, seperti pentingnya pendidikan barat bagi rakyat Hindia Belanda serta penyebaran pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang priayi atau bukan.

Dari sana, timbul pula pemikiran tentang pentingnya memperluas keanggotaan yang mencakup seluruh rakyat Hindia Belanda.

“Apa yang telah dirintis Boedi Otomo dilanjutkan oleh banyak organisasi lain yang muncul belakangan. Nasionalisme Jawa khas Boedi Oetomo diperluas menjadi nasionalisme yang mencakup keseluruhan orang-orang di Hindia Belanda. Pendidikan yang hanya ditujukan pada priayi Jawa diperluas menjadi pendidikan untuk seluruh rakyat Bumiputera. Perjuangan memajukan kebudayaan Jawa diperluas menjadi perjuangan politik mengusir penjajahan Belanda. Perluasan dari cita-cita yang telah ditumbuhkan oleh Boedi Oetomo mencapai titik puncaknya pada proklamasi kemerdekaan”, ucapnya.

Baca Juga :   Lebarkan Sayap, GPK Akan Perkuat Basis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.