Wadul Pj Bupati, JM-PPK Desak Penambangan Ditiadakan

PATI, zonasatu.net– Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JM-PPK) mendesak kepada Bupati Pati untuk tegas melakukan morotarium ijin tambang di wilayah Sukolilo. Hal itu karena penambangan yang terjadi sebagai pemicu terjadinya bencana banjir.

“Penambangan yang ada di wilayah kecamatan Sukolilo agar ditiadakan, karena berdampak bencana yang terjadi dalam beberapa hari ini,”Tegas salah satu aktivis kendang Gunretno Rabu (4/1/2023) usai melakukan pertemuan dengan Pj Bupati di ruang Penjawi Pendopo Pati.

Baca Juga :   Usulan Jabatan Parades 9 Tahun Dinilai Kurang Mendasar

Menurutnya, Kedatangan bersama masyarakat adat Sedulur Sikep ini untuk menanyakan konsep Pemkab Pati dalam menyelesaikan bencana, dan berharap agar penambangan yang terjadi ini bisa dihentikan.

“Audiensi dari teman-teman tadi sebenarnya ingin menanyakan konsep pemerintah daerah Pati dalam menyelesaikan masalah bencana. Jadi tadi kami usulkan tambang harus dihentikan, dan harapannya agar pak bupati tegas,”Terangnya.

Baca Juga :   Sejumlah Jalan Di Pati Kondisinya Memprihatinkan

Dikatakan, Apabila curah hujan tinggi dan mengakibatkan bencana banjir, itu bukan suatu alasan, namun yang menjadi pemicu sebenarnya adalah penambangan dan kegundulan hutan. Apalagi, bencana alam banjir yang menerjang Kabupaten Pati merupakan buntut dari rusaknya alam kendeng dengan adanya keberadaan tambang galian C.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.