Puluhan Ribu Kades Gelar Aksi Di Senayan

PATI, zonasatu– Puluhan Ribu Kepala Desa (Kades) di seluruh Indonesia melakukan aksi di Jakarta Selasa (17/1/2023). Mereka mendesak kepada Pemerintah dan DPR RI untuk segera merevisi UU Desa dan masuk dalam Prolegnas tahun 2023.

Para Kades yang berasal dari penjuru nusantara tergabung Kades Indonesia Bersatu (KIB) itu juga mendesak kepada pemerintah agar masa jabatan Kades yang semula 6 tahun bisa diperpanjang menjadi 9 tahun.

Baca Juga :   Bersih-bersih, 60 Warga Tanjung Priok Ikuti Program Padat Karya

Ahmad Purwanto selaku sekretaris KIB mengungkapkan, Ada puluhan ribu Kades yang melakukan aksi unjuk rasa di senayan, sementara Kades di Pati yang berangkat sebanyak 380 orang.

“Adapun yang menjadi tuntutan kami adalah meminta Pemerintah Pusat mengubah masa jabatan Kades. Semula hanya 6 tahun menjadi 9 tahun,”Tegas Ahmad.

Masa jabatan 6 tahun ini dinilai kurang, terlebih suasana politik pemilihan kepala desa (Pilkades) cenderung lebih lama membekas. Sehingga dengan perpanjangan masa jabatan itu menjadi salah satu untuk meredam suasana politis desa. Di samping itu menjadi momen untuk merealisasikan janji-janji atau pun program yang diusung.

Baca Juga :   BPPI Sebut Adanya Dugaan Pungli Di Perhutani Tuban

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.