Tidak Relevan, Sistem Zonasi Disorot Dewan

PATI, zonasatu.net || Sistem zonasi untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang ada di Pati, mendapat sorotan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Endah Sri Wahyuningati.

Menurutnya, Zonasi ini dinilai tidak tepat lantaran banyak dikeluhkan oleh masyarakat, apalagi dalam fakta di lapangan banyak yang direkayasa.

“Sistem zonasi ini saya nilai tidak tepat, karena banyak yang diakali, misalnya anak itu supaya bisa sekolah di tempat yang dituju, biasanya dititipkan pada keluarganya, ini kan tidak rekevan,”Katanya Kamis (3/8/2023)

Baca Juga :   Jembatan Glendeng Di Tutup. Begini Kata Ketua DPRD Tuban

Dikatakan, Tujuan pemerintah untuk membuat sistem zonasi untuk pemerataan sekolah sesuai tempat tinggalnya, Namun, di lapangan, pelaksanaannya belum sesuai harapan dan justru menimbulkan sejumlah permasalahan yang belum terselesaikan.

“Penerapan sistem zonasi ini banyak masalah, misalnya orang tua yang mencatatkan alamat rumah mereka di zona sekolah yang lebih dekat, meskipun sebenarnya mereka tinggal di zona sekolah yang berbeda. Praktik semacam ini tentu merugikan siswa yang berasal dari zona tersebut, karena berpotensi mengurangi kesempatan mereka untuk diterima di sekolah pilihan.”Katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.