Penemuan Situs Makam Tua di Puncak Punjul

Makam Sejarah Yang Ditemukan di Gunung Punjul Desa Pohgading
Makam Sejarah Yang Ditemukan di Gunung Punjul Desa Pohgading

PATI- Wilayah Kabupaten Pati adalah salah satu kota yang penuh sejarah, banyak tokoh-tokoh maupun ulama yang ingin mengungkap peninggalan-peninggalan yang ada di Pati.
Tak heran, jika masih banyak situs-situs yang belum ditemukan maupun baru ditemukan dan menjadi salah satu bukti sejarah jaman dulu di Kabupaten Pati.

Hal yang baru, dengan adanya penemuan makam tua dengan bebatuan kuno beserta bata merah yang diyakini warga adalah salah satu cagar budaya peninggalan jaman kuno yang berada di puncak Gunung Punjul, tepatnya di Desa Pohgading, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati Jawa tengah.

Baca Juga :   Gandeng 6 Kementrian, KKI Janjikan Program Unggulan Untuk Masyarakat Desa

Belum diketahui secara jelas, dari beberapa makam yang ada, siapa saja yang pernah dimakamkam disitu, hanya saja bukti sejarah menyebutkan dengan adanya tumpukan bebatuan alam dan bata merah jaman kuno serta beberapa makam yang ada, menguatkan warga setempat bahwa puncak Gunung Punjul diyakini adalah tempat keramat dan pernah disinggahi beberapa tokoh ulama jaman dulu.

Baca Juga :   Jalan Gabus-Pati Ditutup Akibat Banjir

“Beberapa makam di puncak Gunung Punjul belum diketahui pastinya makam siapa saja, karena informasi yang tersebar masih simpang siur, hanya saja warga meyakini bahwa itu adalah makam keramat,”Ungkap Kepala Desa Pohgading Ahmad Zubaidi Minggu (3/4/2022).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.