Masih Didata, Ratusan Rumah Terdampak Bencana Akan Dapat Bantuan

PATI, ZonaSatu– Bencana banjir bandang yang menerjang ratusan rumah pada akhir November 2022 lalu mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati. Hal itu menyusul lantaran ratusan rumah yang terdampak banjir itu akan mendapat bantuan.

Kepala Bidang Perumahan pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Suhartono mengatakan, Pihaknya bersama dengan BPBD saat ini masih dalam proses pendataan dan verifikasi validasi (verval).

Baca Juga :   Miris, Samsi Jadi Target Petani dan Masyarakat Bawah

“Verval itu terkait BNBA (by name by addres) rumah yang hanyut/rusak akibat bencana banjir bandang, dan saat ini prosesnya masih dalam pendataan,”Ungkapnya belum lama ini.

Menurutnya, Untuk skema bantuan yang rencana akan disalurkan melalui dana kolaboratif dari berbagai sumber, mulai Pemda, Pemprov Jateng, Baznas, CSR Bank Jateng, donasi dan sumbangan dr masyarakat.

Baca Juga :   Penerapan 5 Hari Kerja Dinilai Kepentingan Sepihak

“Skema bantuan kolaboratif ini jika bersumber dari anggaran Disperkim tidak akan mencukupi banyaknya rumah yang terdampak banjir, karena untuk sisa anggaran kami tinggal Rp 90 juta, sehingga tidak akan mampu mengakomodir keseluruhan,”Ucapnya.

Dia menyebut bantuan akan diberikan di 5 kecamatan terdampak banjir bandang. Belum lagi untuk membantu korban rumah akibat puting beliung dan kebakaran. Adapun total sementara data awal dari BPBD terdapat 701 rumah yang perlu bantuan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.