Kebijakan Tidak Berpihak, Nelayan Pati Desak Copot Menteri KKP

PATI, zonasatu.net– Ribuan nelayan yang tergabung Front Nelayan Bersatu (FNB) Juana melakukan aksi unjuk rasa di halaman pendopo alun alun Pati.

Mereka memprotes kebijakan pemerintah tentang kenaikan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar 10 persen yang dianggap mencekik para nelayan.

Aksi yang dilakukan sekitar pukul 09.00 WIB, Jumat (13/01/2023) oleh para nelayan itu juga mendesak agar Menteri Trenggono diturunkan dari jabatannya karena tidak berpihak dengan para nelayan.

Baca Juga :   Astaga, PAD Tahun 2023 Mengalami Penurunan 2,7 Persen

Ketua Koordinator Aksi Hadi sutrisno dalam orasinya menegaskan, Kebijakan pemerintah yang menaikkan PNBP 10 persen dan membatasi wilayah penangkapan ikan dianggap menciderai nasib para nelayan.

“Kami minta agar kebijakan pemerintah itu dirubah, karena tidak berpihak kepada para nelayan,”Ungkap Hadi.

Dirinya juga mengaku para nelayan kesulitan dengan penangkapan alat terukur, dimana kebijakan itu kalau diaplikasikan harusnya mudah tapi ternyata sangat sulit.

“Nahkoda belum bisa memproses elektronik penangkapan ikan terukur, (aplikasi lewat HP), Kemarin saja manual belum bisa dijalankan. Nah ini nelayan dipaksakan harus bisa, kebijakan itu secara teknologi SDM nya kurang pas,”terang Hadi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.