Hebat, Desa Plukaran Dicanangkan Sebagai Kampung Pancasila

PATI, ZonaSatu– Desa Plukaran Kecamatan Gembong Kabupaten Pati Jawa Tengah, resmi ditetapkan sebagai Kampung Pancasila. Pencanangan itu dilakukan sebagai bentuk keutuhan dalam berbangsa untuk menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam pencanangan Kampung Pancasila yang dilaksanakan Rabu (01/06/2022) dihadiri para unsur Muspika, TNI/Polri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan warga Desa Plukaran. Acara sendiri diiringi hiburan karawitan yang dilakukan oleh para seniman dari karang taruna desa Plukaran, dan tari gambyong untuk menghibur dan meramaikan.

Baca Juga :   Kapolres Pati Berikan Bantuan Kepada Warga Yang Terdampak Banjir

Danramil 11/Gembong Kodim 0718/Pati Kapten Jono dalam sambutannya mengatakan, Pancasila merupakan harga mati, sehingga sampai kapanpun tidak boleh diganti dengan ideologi lain demi keutuhan bangsa dan negara.

“Kita harus memperkenalkan Pancasila kepada pewaris tunas tunas bangsa kita, karenanya, desa/kelurahan didorong menjadi Kampung Pancasila untuk NKRI, dan kita sebagai penerus tunas bangsa harus ber Pancasila agar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tidak mudah terpecah belah,”Ujarnya.

Baca Juga :   Akan Datangnya Waktu, Masyarakat Pulau Mangoli Bakal Diusir Dari Tanah Sendiri

Sejauh ini, Kata Dia, Masyarakat merasa asing akan Pancasila serta nilai nilai yang terkandung di dalamnya, padahal seharusnya hal itu perlu di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari, untuk bisa menegakkan dan menerapkan nilai-nilai luhur dalam menumbuhkan kembali nilai nilai toleransi beragama dan semangat gotong royong.

“Semangat kebangsaan yang terbingkai dalam Bhineka Tunggal Ika, harus senantiasa dijaga bersama, sehingga, warga dapat membentengi diri dari konflik sosial dan aksi terorisme, yang bisa merusak dan memecah belah persatuan dan kesatuan di negara Republik Indonesia,”Ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.