Hama Tanaman Menyerang, Petani Bawang Merah Resah

PATI, ZonaSatu– Wabah hama dan penyakit pada tanaman bawang merah di desa Ngurensiti dan Ngurenrejo Kecamatan Wedarijaksa hingga ke Desa Langgengharjo Kecamatan Juana Kabupaten Pati Jawa Tengah membuat keresahan para petani. Pasalnya, Para petani khawatir akibat wabah itu berdampak tanamannya gagal panen.

Lahan bawang merah yang biasanya subur, terlihat daunnya menguning dan kering akibat serangan hama ulat daun dan virus yang merusak tanaman. Padahal para petani, sudah berupaya untuk melakukan pengendalian hama dengan menyemprotkan pupuk atau pestisida dan obat lainnya, namun tetap saja tanaman bawang merah digerogoti hama ulat dan virus.

Baca Juga :   GPK Rukiyah Puluhan Masyarakat

Salah satu petani bawang merah, Pujiyanto mengaku segala upaya sudah dilakukan untuk mengendalikan, hanya saja para petani rata-rata terbentur dengan pupuk atau obat-obatan yang harganya sangat mahal.

“Para petani ini pusing dan pasrah, sebab untuk harga obat obatan hama sangat mahal, dan kami kehabisan uang di operasional, mulai dari biaya tanam, pembelian bibit dan obat pengendali hama, bisa mencapai puluhan juta,”Keluhnya.

Baca Juga :   Eksekusi Mati Belum Jelas, Sumani Fokus Ibadah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.