Disdikbud Resmikan Sanggar Budaya Waringin Tunggal Di Desa Soneyan

PATI, ZonaSatu– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati meresmikan Sanggar Budaya Waringin Tunggal di Desa Soneyan Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Jawa Tengah Minggu (27/11/2022) malam.

Peresmian yang dilakukan dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Disdikbud Kabupaten Pati Winarto, diiringi dengan sejumlah kegiatan rebana, tarian-tarian, wayang topeng, ketoprak mbeling dan lain-lain.

Kepala Desa Soneyan Mardi dalam paparannya mengatakan, Sanggar seni ini harus bisa di manfaatkan sebaik-baiknya untuk bisa mengembangkan budaya seni yang ada di Desa Soneyan.

Baca Juga :   Masih Tarik Ulur, Pembahasan Ranperda Pondok Pesantren di DPRD Molor

“Kita harus bisa memanfaatkan sanggar seni yang baru diresmikan ini untuk mengembangkan budaya seni yang ada di desa Soneyan,”Ungkap Mardi.

Dikatakan, Desa Soneyan mempunyai peninggalan leluhur dalam bidang kesenian, yakni seni tari topeng yang hanya ada satu-satunya di Kabupaten Pati, dan itu harus dikembangkan sebagai ciri khas budaya seni dari Desa Soneyan.

Baca Juga :   Jadi Kontroversi, Komisi I DPR RI Sebut Perubahan RKUHP Itu Wajar

“Ini merupakan gotong Royong dan kerja keras masyarakat desa soneyan yang berbuah manis, sehingga seni budaya tari topeng bisa mendapatkan pengakuan dari Mentri Dalam Negeri, juga mendapatkan penghargaan dari UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB),”Ujarnya.

Ditempat yang sama, Bidang Kesenian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Budi Santoso yang hadir pada peresmian Sanggar Budaya Waringin Tunggal di Desa Soneyan mengatakan, Peresmian ini di maksudkan untuk mengabarkan kepada publik bahwa desa soneyan memiliki sebuah wadah kesenian berupa sanggar budaya yang bernama Waringin Tunggal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.