LSD Meradang, Peternak Enggan Memberikan Vaksin

PATI, zonasatu.net– Penyakit kulit yang menyerang pada binatang ternak sapi yang disebabkan akibat virus Lumpy Skin Disease (LSD) kini sudah merajalela.

Tercatat, ada ratusan sapi yang terjangkit. Hal itu disebabkan karena para peternak enggan memberikan vaksin yang digunakan untuk mencegah virus tersebut.

Ketua Paguyuban Peternak Sapi Kabupaten Pati Agus mengatakan, Saat ini sudah ada ratusan sapi yang terjangkit LSD. Penyebabnya adalah, para peternak enggan memberikan vaksin pada sapi.

Baca Juga :   Wagub Malut Tak Tahu Siapa yang Mengusul Pj Bupati Morotai

“Kalau vaksin itu ada, dan terbilang cukup, namun para peternak enggan memberikan vaksin pada ternaknya, padahal itu untuk mencegah virus LSD,”Ungkap Agus Sabtu (18/2023).

Menurutnya, Untuk sosialisasi sudah kerap dilakukan, namun para peternak enggan memberikan vaksin, tapi ketika sapi mereka terjangkit, para peternak baru bingung.

“Sosialisasi sudah sering dilakukan, bahkan saya juga sering sampaikan, tapi para peternak ini yang enggan memberikan vaksin,”Katanya.

Baca Juga :   Awas, CJH Dilarang Membawa Jimat

Pemberian vaksin pada sapi tidak berdampak, Namun, Kata Agus, Para peternak ini yang kawatir jika sapinya kurang sehat lalu diberi vaksin, akan berakibat demam, tapi itu sebenarnya tidak apa-apa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.