Bermain Kuis Menyenangkan Melalui Quizizz Paper Mode Pada Pembelajaran Luring

Semarang, zonasatu.net- Di era digital, perkembangan teknologi memudahkan guru dan peserta didik untuk bisa menjalani pembelajaran. Hal itu sangatlah penting, karena bisa dijadikan sebagai inovasi yang menyenangkan, di masa perkembangan zaman saat ini.

Pembelajaran tidak terlepas dari evaluasi untuk menentukan sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi yang sedang dipelajari.

Seorang guru perlu mengembangkan soal evaluasi yang menarik, agar peserta didik bersemangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

Baca Juga :   KKP Meriahkan Bulan Bakti Ke 24, Ini Yang Dilakukan

Hal ini, memerlukan kompetensi professional sebagai seorang guru untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan sesuai abad 21, yaitu creativity and innovation. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menggunakan quizizz sebagai media evaluasi.

Penggunaan quizizz dalam pembelajaran merupakan salah satu metode pembelajaran berbasis internet yang dapat mengetahui tingkat penguasan materi dari setiap soal yang dikerjakan siswa masing-masing (Mulyati & Evendi, 2020).

Baca Juga :   Tinjau Lokasi Banjir, Kapolresta Pati Salurkan Bantuan Warga Kurang Mampu

Quizizz menyediakan modifikasi bentuk pertanyaan yang dapat meningkatkan keaktifan serta bagian penting lainnya bagi perkembangan siswa (Sulastri, et al., 2019).

Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Program Profesi Guru Prajabatan Gelombang I Universitas Negeri Semarang, Nurul Hidayatun Nikmah.

Ia menggunakan quizizz dalam bentuk paper mode. Pemanfaatan aplikasi Quizizz, sangat mendukung dalam menyukseskan proses evaluasi pembelajaran mata pelajaran tematik di kelas II SD Negeri Jatingaleh 02, Kota Semarang.

Baca Juga :   Pemilu 2024, PPP Optimis Rebut Kursi Pimpinan DPRD Pati

Latar belakang adanya penggunaan quizizz paper mode karena mahasiswa ingin mengembangkan evaluasi yang menarik. Sedangkan peserta didik di kelas II belum menggunakan handphone di kelas pada pembelajaran luring.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.