Gerbeg Suro, Ribuan Warga Pagerharjo Arak Puluhan Gunungan

PATI, zonasatu.net- Ribuan warga Desa Pagerharjo Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati menggelar acara karnaval kililing desa.

Acara yang diikuti seluruh warga itu dalam rangka memperingati tahun baru islam 1 Muharam 1445 H di tahun 2023.

Puluhan kendaraan nampak dihiasi dengan gunungan dan berkeliling desa diikuti ratusan warga dari kalangan tua, muda dan anak-anak.

Baca Juga :   Polres Blora Amankan Tersangka Penyalahgunaan Pupuk Bersubsidi Dengan Barang Bukti 200 Sak Pupuk

Kepala Desa Pagerharjo Iwan Harnoto mengatakan, Peringatan 1 Suro atau 1 Muharam yang baru pertama kali dilaksanakan di Desa Pagerharjo ini untuk menyambut tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 H.

“Kegiatan ini baru pertama kali kami laksanakan, harapan kami supaya masyarakat desa pagerharjo yang terdiri dari 20 RT ini bisa selalu guyub rukun,”Ungkap Iwan Rabu (19/7/2023).

Baca Juga :   Kalah Dikandang Sendiri, Suporter Persipa Desak Nazal "Out"

Menurutnya, Kegiatan 1 Muharam yang bertajuk Guyub Rukun, Sesaleh Marang Leluhur, dan Nyadong Berkahe Gusti ini dilaksanakan dengan maksud agar masyarakat bisa selalu bersyukur dan selalu ingat dengan para leluhur yang terdahulu.

“Total ada 21 gunungan yang terdiri dari hasil bumi yang kita arak keliling desa, dan ini bentuk dari rasa syukur kami kepada Tuhan Yang Maha Esa,”Katanya.

Baca Juga :   NHM Menuju Beyond Compliance, Pakar Lingkungan Takjub Hijaunya Gosowong

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.