Warga Pohgading, Temukan Bongkahan Batu Bata Sejarah Era Kerajaan Mataram Islam

Lokasi penemuan bongkahan batu batu yang diduga peninggalan sejarah jaman kerajaan mataram islam
Lokasi penemuan bongkahan batu batu yang diduga peninggalan sejarah jaman kerajaan mataram islam

PATI, ZonaSatu– Sejumlah warga Desa Pohgading Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati Jawa Tengah menemukan bongkahan batu bata merah kuno bekas bangunan sejarah jaman dahulu.

Batu bata yang ditemukan berserakan di perkebunan warga dengan ukuran lebar 20 cm dan panjang 30 cm itu diyakini sebagai bekas bangunan sejarah itu ditemukan oleh beberapa warga desa Pohgading di kebun ketela milik warga

Baca Juga :   Kejaksaan Bentuk Kampung RJ, Ternyata Ini Rencananya

Haryono, selaku Karang Taruna aktif di Kecamatan Gembong kepada wartawan mengaku bahwa selama ini Pihak keluarga Alm Abdul Wakid selaku pemilik lahan sudah mengetahui kalau yang terpendam di lahan tanahnya ada peninggalan sejarah.

Lokasi itu sebelumnya juga pernah digali dengan alat berat, hingga mengakibatkan ada puluhan batu ynag rusak.

“Bongkahan-bongkahan batu itu diduga adalah peninggalan sejarah di era kerajaan mataram islam, hanya saja selama ini belum pernah ada upaya dari pihak pemilik lahan untuk meneliti keabsahan batu itu atau mengabadikan sebagai bentuk peninggalan sejarah,”Ujarnya.

Baca Juga :   Akibat Sakit, Satu Calhaj Asal Pati Ini Baru Berangkat Ke Tanah Suci

“Harapan masyarakat, lahan tanah tersebut jika memang peninggalan sejarah era kerajaan, Pemerintah Daerah ikut serta membantu untuk melestarikan,”Tambahnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.