Relawan Kemanusiaan Lintas Iman Menyatu Dengan Kearifan Lokal di Gunung Kendeng

PATI, ZonaSatu– Komisi Keadilan Perdamaian dan Keutuhan Ciptaan (KKPKC) Keuskupan dan JPIC (Justice, Peace, Integrity of Creation) Tarekat seregio Jawa melakukan Penanaman pohon di Desa Wukirsari Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati.

Kegiatan yang dibentuk dalam rangkaian kegiatan Live in KKP-JPIC Regio Jawa pada tanggal 17 – 20 Oktober 2022 adalah sebuah bentuk kegiatan bersama untuk tinggal dan mengalami secara nyata kehidupan di sebuah komunitas.

Baca Juga :   Koordinator CV Javatech Tepis Penggeledahan KPK Soal Gapoktan Di Pati

“Melalui Live in ini, peserta mengikuti dinamika masyarakat atau komunitas yang ada sembari belajar bersama tentang apa yang menjadi keprihatinan serta harapan komunitas,”Ungkap Koordinator KKPKC-JPIC Regio Jawa Romo Stefanus Tanto Agustiana, Pr melalui rilisnya yang dikirim ke zonasatu.net Selasa (25/10/2022).

Menurutnya, Live in kali ini diikuti sekitar 25 orang dari beberapa wilayah, di antaranya dari Jakarta, Bandung, Bogor, Semarang, Yogyakarta, Klaten, dan Blitar. Program live-in dan rekoleksi Komisi KPKC Keuskupan dan JPIC tarekat se-Regio Jawa sebelumnya berlangsung pada 21 – 25 Oktober 2019 di Dusun Semak, Desa Wukirsari.

Baca Juga :   Peringati Hari Anak Nasional, Lesbumi Kudus Ingatkan Orang Tua Lebih Memperhatikan Anak

“Program ini berjalan dengan diikuti oleh 40 aktivis baik Imam, Suster, Bruder, dan awam katolik dari berbagai keuskupan dan tarekat di regio Jawa. Berawal dari live in pertama ini ditemukan keprihatinan masalah air dikarenakan kawasan Bukit Kendeng sangat gersang dan tandus karena semakin banyak bukit gundul.”Katanya.

Disebutkan, Desa Wukirsari terdiri dari 3 pedukuhan dan 9 RT, diantaranya Wilayah Dusun Semak merupakan wilayah terparah krisis air, jika dibandingkan dengan 2 dusun lainnya yakni Dusun Gayam dan Dusun Gares.

Baca Juga :   Mau Belanja Tapi Malas, Yuk Download Aplikasi Dari Disdagprin Ini

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.