Ingin Tahu Tertular HIV/Aids, Lakukan Cara Ini Secara Gratis

PATI, ZonaSatu– Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kabupaten Pati menyediakan testing VCT (Voluntary Counseling and Testing) di masing-masing Puskesmas yang ada diwilayah Kabupaten Pati secara gratis.

“Tes VCT ini merupakan serangkaian tes dan konseling yang dilakukan untuk mengetahui apakah seseorang itu positif atau negatif mengidap HIV.”Ungkap Kepala DKK Pati, Aviani Tritanti Venusia Kamis (29/12/2022).

Baca Juga :   Anggota Komisi B Berikan Apresiasi Soal Program Pemberdayaan Ekonomi

Menurutnya, Test VCT ini diberlakukan untuk memberikan kemudahan dengan mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang ingin mengetahui tertular atau tidaknya, dan yang pasti apabila ada masyarakat yang mengidap akan dirahasiakan statusnya.

“Persoalan testing HIV-AIDS ini biasanya masih menjadi momok yang menakutkan bagi mereka pekerja seks komersial, karena kemungkinan mereka ini masih merasa takut kalau tahu di dalam dirinya terjangkit virus HIV atau bagimana.”Ucapnya.

Baca Juga :   14 Tahun Terbunuhnya Munir, Polri Didesak Bentuk Tim Khusus

Meski begitu, Dinkes tetap meminta bagi pekerja seks agar lebih berhati-hati. Pekerja seks diminta dalam aktivitasnya secara aman yaitu memakai kondom. Tujuannya agar tidak menularkan ke yang lain.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.